Cara Mengisi Formulir Pajak Google Adsense Tanpa NPWP

  • mikrotekno
  • Okt 17, 2022

Mikrotekno.com – Saat ini Youtube mengeluarkan beberapa Kebijakan Baru yang mungkin bikin sedih parah content creator. Yaitu youtube menerapkan Pajak tapi ini khusus penonton yang kalian dapat dari Amerika (US). Tapi buat kalian yang belum di monetisasi maupun yang sudah, sebaiknya formulir pajak Google Adsense tersebut segera diisi. Nah, disini kita akan bahas Cara Mengisi Formulir Pajak Google Adsense Tanpa NPWP lengkap.

Baca Juga:

Pemberlakuan Pajak Amerika Serikat Untuk Content Creator Youtube

Semua pembuat konten yang melakukan monetisasi dari YouTube dimanapun lokasinya dari seluruh penjuru dunia, wajib menyerahkan atau memberikan informasi pajak. Sebaiknya formulir pajak Google Adsense dari penghasilan YouTube kalian tersebut segera diisi. Jika tidak menyerahkan informasi pajak, maka Google akan melakukan pemotongan total penghasilan kalian hingga sebesar 24%.

Berdasarkan hukum dari pajak AS, Google wajib melakukan pemotongan pajak dari penghasilan YouTube yang diperoleh dari penonton AS. Sekali lagi hanya dari penonton Amerika. 

  • Content Creator di luar Amerika Serikat (US): Tarif pemotongan pajak berkisar antara 0-30% dari penghasilan yang diperoleh dari penonton di Amerika. Bergantung juga dengan ada atau tidaknya perjanjian pajak antara negara kamu dengan Amerika Serikat. 
  • Content Creator Amerika Serikat (US): Google memberitahukan jika tidak akan ada pemotongan pajak dari penghasilan YouTube. Khusus untuk Pembuat konten dari Amerika yang sudah menyerahkan informasi pajak yang valid.

Langkah-langkah Mengisi Formulir Pajak Google Adsense Tanpa NPWP

1. Silahkan Login ke Google Adsense terlebih dahulu.

2. Setelah login, silahkan klik Kelola Info Pajak di bagian pemberitahuan pajak.

3. Selanjutnya Klik Tambahkan Info Pajak.

4. Pilih Perorangan dari Info Pajak Amerika Serikat dan klik Berikutnya.

5. Pilih Tidak pada pertanyaan apakah anda warga negara atau penduduk Amerika Serikat? dan klik Berikutnya.

6. Pada formulir pajak W-8 silahkan pilih W-8BEN (digunakan untuk individu diluar Amerika Serikat) dan klik Mulai Formulir W-8BEN.

7. Silahkan isi Nama Individu dan Negara pengguna sedangkan untuk Nama DBA Kosongkan saja.

8. Silahkan kosongkan saja pada bagian Nomor Identifikasi Wajib Pajak (TIN) yang biasa kita kenal dengan NPWP. Mengapa TIN atau NPWP dikosongkan? Karena sesuai judul artikel ini Pengisian Formulir Pajak Google Adsense Tanpa NPWP. Dimana dikhususkan untuk kawan-kawan sekalian yang belum memiliki NPWP dan klik Berikutnya.

9. Selanjutnya silahkan isi alamat kalian begitu juga dengan kota, provinsi, negara dan kode posnya.

10. Centang alamat surat sama dengan alamat tempat tinggal tetap. Agar alamat suratnya otomatis ke isi sesuai dengan alamat yang kamu buat di atas setelah itu klik Berikutnya.

11. Pilih Tidak pada Perjanjian Pajak dan klik Berikutnya.

12. Silahkan buka, tinjau, dan cek Formulir W-8BEN Default yang ada disebelah kanan. Setelah itu centang kotak formulirnya dan klik Berikutnya.

13. Selanjutnya, silahkan baca-baca terlebih dahulu dibagian Sertifikasi.

Pajak Google Adsense Tanpa NPWP

14. Masukkan Nama Lengkap Resmi di bawah bacaan Tanda Tangan Anda. Setelah itu pilih Ya saya adalah orang yang tercantum di bagian tanda tangan, dan saya mengisi formulir ini atas nama saya sendiri dan klik Berikutnya.

15. Pilih Tidak pada Aktivitas dan Layanan yang dijalankan di AS dan centang kotak kosong tersebut seperti gambar dibawah. Selanjutnya pilih Saya memberikan info pajak untuk profil baru atau yang sudah ada yang belum menerima pembayaran (bagi akun Adsense baru yang belum menerima pembayaran (withdraw)). Sedangkan yang dibawahnya bagi yang sudah pernah menerima pembayaran (withdraw). Berhubung saya belum pernah withdraw makanya saya pilih belum menerima pembayaran setelah itu klik Kirim.

Pajak Google Adsense Tanpa NPWP

Tampilan Pajak Amerika Serikat yang sudah disetujui oleh Google. Kamu juga masih bisa mengubah data tersebut jika masih merasa ada data yang salah di bagian Kirim Formulir Baru.

Pajak Google Adsense Tanpa NPWP

Apa Saja Perbedaan Memakai NPWP dan Tanpa NPWP Dalam Pengisian Pajak Amerika Serikat di Google Adsense

Jadi untuk masalah Memakai NPWP dan tanpa NPWP itu terserah kalian guys. Kalau kalian itu memakai NPWP, pajak di potong 10% hanya dari penghasilan pengunjung atau views dari US saja. Jika tanpa NPWP, Pajak di Potong 30% hanya dari penghasilan pengunjung atau views dari US saja. Inget ya guys bedanya itu penghasilan yang di potong hanya dari pengunjung atau views dari Amerika (US) saja jadi penghasilan yang dari negara lain termasuk indonesia tidak di potong.

Baca juga: Daftar Google News untuk Meningkatkan Visitor Blog